Tangible, Intangible, dan Persepsi Warna Pada Iklan Billboard
Tangible, Intangible, dan Persepsi Warna Pada Iklan Billboard
Pada kali ini saya akan menganalisis tangible, intangible,
dan juga persepsi warna pada sebuah iklan. Jenis iklan yang saya jadikan
sebagai contoh yaitu Billboard yang dimana sering kali kita jumpai di luar
ruangan, dimana billboard sendiri memiliki bentuk dan ukuran yang besar.
Sebelum memasuki bagian analisis kita membahas sedikit tentang ap aitu
tangible, intangible, dan juga persepsi warna.
Tangible berarti dapat diraba atau dapat dirasakan secara
fisik, bahasa tangible ini diambil dari bahasa Inggris. Tangible pada bidang
desain atau konteks visual lebih mengarah kepada elemen atau objek yang dapat
dilihat atau disentuh secara nyata.
Sementara intangible ini merupakan kebalikan atau lawan dari
tangible dimana dalam bidang desain atau konteks visual memiliki arti pada
konsep atau ide yang sulit atau tidak dapat diraba, seperti emosi atau gagasan.
Sementara warna merupakan unsur dari sebuah desain supaya
desain yang dibuat dapat tersampaikan lebih baik.
Berikut pembahasan tangible, intangible, serta persepsi
warna pada sebuah visual desain.
1. Iklan promo bank Mandiri
2. iklan promo GrabExpress
Iklan GrabExpress ini menggunakan konsep desain digital
imagine dimana menyatukan sebuah objek supaya terlihat nyata. Tentunya karna
ini sebuah iklan promo pasti yang menjadi pusat utama dari iklan ini yaitu
sebuah penawaran promo tersebut, yaitu “diskon 50%” ditampingi dengan sebuah
gambar tangan yang berotot yang diartikan disini sebagai unlimited. Iklan ini
dapat masuk kedalam kategori iklan tangible karena disini kita melihat tangan
yang berotot, walaupun hanya ditampilkan bagian tangan saja, namun kita
tentunya sudah atau pernah merasakan memegang tangan, bahkan kita sendiri
memiliki tangan. Lalu persepsi warna pada iklan ini masih sama seperti iklan
yang sebelumnya yaitu menggunakan warna dominan yang sama seperti warna
identitas logonya, pada iklan ini warna yang dipakai yaitu warna hijau, yang
dimana warna hijau pada grab bisa kita artikan sebagai pertumbuhan dimana yang
kita ketahui grab mengalami pertubungan yang cukup besar atau drastis seiring
berjalannya waktu.
3. Iklan air mineral Aqua
Pada iklan billboard yang dibuat Aqua ini menggunakan foto
sebagai objek dari iklan tersebut dengan menampilkan foto pegunungan serta
botol Aqua yang menjadi objek utama. Tentunya iklan ini masuk kedalam kategori tangible
karna objek yang menjadi objek utama pada iklan ini merupakan sebuah objek
nyata yang dimana kita bisa sentuh. Lalu untuk persepsi warna yang digunakan yaitu
biru, sama seperti brand brand air mineral lainnya, warna biru memang sudah
menjadi melekat di brand air mineral karena memiliki makna bahwa air mineral
berasal dari bawah tanah dan juga memiliki makna netral atau tanpa rasa.
4. Iklan promosi bank BCA
Sama seperti iklan bank pada umumnya, iklan ini mempromosikan
kartu kredit yang dimiliki bank BCA, iklan ini juga memiliki objek yaitu berupa
foto nyata yang sesuai dengan copywriter yang dibuat, yaitu sepasang kekasih
yang sedang bermesraan dengan memegang handphone yang menunjukan sedang
melalukan registrasi kartu kredit BCA. Dibelakangnya dilengkapi dengan
pemandangan, tentunya dengan poin-poin tersebut membuat iklan ini masuk kedalam
kategori tangible karna objek dari iklan ini merupakan objek nyata. Untuk iklan
ini bank BCA tidak memberikan warna dominan biru, melainkan menggunakan warna
ungu yang mana memiliki persepsi warna nuansa
romantis sesuai dengan tema dari iklan tersebut.
5. Iklan burger McDonnald
Iklan billboard yang dibuat McDonnald ini sangat menarik
perhatian, bagaimana tidak. McDonnald / McD membuat iklan billboard yang dimana
terdapat objek yang melebihi dari batas billboard tersebut. Iklan ini
mempromosikan atau mengclaim bahwa burger terbaik jatuh kepada burger McD, jadi
objek utama dari iklan ini yaitu burger tersebut. Namun yang membuat iklan ini
unik yaitu ada objek lain yang melebihi batas yang dimana ini merupakan
kelebihan yang dimiliki dari burger McD, hal ini sangat memberi kesan bahwa burger
Mcd memang lebih baik dari burger lain. Iklan ini masuk kedalam kategori tangible
karna objek yang dipakai yaitu objek nyata berupa burger. Untuk persepsi warna
yang digunakan yaitu menggunakan warna dominan hitam yang menjadi latar
belakang iklan ini, ini memberikan persepsi bahwa burger McD merupakan burger
yang mewah dan elegan.
Komentar
Posting Komentar